2022-01-13

Hilirisasi Inovasi Teknologi Padi Tingkatkan Produksi Padi di Desa Pulau Gambar

BPTP SUMATERA UTARA
...

Penguatan riset dan inovasi teknologi pertanian melalui hilirisasi inovasi menjadi salah satu kegiatan pendukung dalam strategi pembangunan pertanian. Seperti halnya yang selama ini telah dilakukan oleh BPTP Sumut yakni kegiatan diseminasi inovasi teknologi diharapkan agar kegiatan hilirisasi teknologi dan inovasi dapat menyentuh masyarakat sehingga menjadi bermanfaat.

Dilakukan panen padi kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Tanaman Padi di Desa Pulau Gambar, Kecaman Serba Jadi, Kabupaten Serdang Bedagai. Panen ini dihadiri oleh Kepala BPTP Sumut, Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP, Penanggungjawab Kegiatan Hilirisasi Padi, Musfal, SP, MP, PPL Desa Pulau Gambar, Jaya Naidu, Koordinator Penyuluh, Listiawati, SP, beserta tim kegiatan hilirisasi inovasi teknologi tanaman padi.

Teknologi yang diterapkan di daerah ini yaitu penggunaan padi Varietas Unggul Baru yaitu Varietas Inpari 16, Inpari 32, Inpari 43  dan Mekongga. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 Musim Tanam (MT). Panen MT 1 telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2021.

Penanggungjawab kegiatan memaparkan bahwa rata-rata hasil sebanyak 7-8 ton/ha dengan hasil panen tertinggi dihasilkan oleh padi Varietas 32 dan hasil panen terendah dihasilkan oleh padi Varietas Inpari 16.

"Berdasarkan ubinan yang telah dilakukan, varietas inpari 32 memberikan hasil panen tertinggi diikuti oleh varietas Mekongga, sedangkan hasil panen terendah dihasilkan oleh padi Inpari 16", ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, PPL Desa Pulau Gambar memberikan apresiasi terhadap BPTP Sumut karena hasil panen petani meningkat. Selain itu petani dapat menerapkan teknologi yang diberikan di lahan masing-masing.

"Kegiatan ini sangat baik karena hasil panen padi meningkat dan petani dapat menerapkan teknologi ini di lahan masing-masing" ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Ribut sebagai petani di Desa Pulau Gambar mengucapkan terimakasih kepada BPTP Sumut karena melalui program ini hasil panen yang diperoleh sangat memuaskan.

"Sebelum ada teknologi ini, hasil panen 5-6 ton/ha namun setelah teknologi ini masuk ke desa ini hasil panen mencapai 7-9 ton/ha", imbuhnya.

Dengan adanya teknologi ini diharapkan Desa Pulau Gambar dan sekitarnya dapat mencontoh kegiatan ini sehingga produksi padi terus meningkat.

#jayalahpertanian
#pertanianmajumandirimodern

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=235586008754953&id=100069106663959