2021-04-07

Mengenal Kultur Jaringan IP2TP Pasar Miring

BPTP SUMATERA UTARA
...

Semakin berkembangnya zaman, metode kultur jaringan dapat menjadi suatu teknologi yang prospektif dikembangkan dalam mengelola keanekaragaman hayati kita, Kultur jaringan dapat di artikan sebagai budidaya suatu jaringan tanaman menjadi tanaman kecil yang utuh dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Bahkan kualitas bibit baru juga dapat menjadi lebih unggul dibanding induknya.

Selain itu metode kultur jaringan ini juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan metode tanam lain, seperti dapat menghasilkan  tanaman baru dalam jumlah yang banyak,  mampu memperbanyak tanaman tertentu yang sulit atau lambat diperbanyak secara konvensional, tidak membutuhkan tempat yang luas, bisa dilakukan setiap waktu tanpa pengaruh musim, dan bibit yang dihasilkan juga jauh lebih sehat dan unggul. Tetapi selain memiliki kelebihan, kultur jaringan juga memiliki kekurangan, seperti biaya awal yang digunakan relatif lebih besar, tanaman dengan metode kultur jaringan ini juga terbiasa dengan hidup di kelembapan tinggi dan kondisi aseptik, sehingga diperlukan lingkungan yang steril.

Dalam pelaksaannya, pemilihan tanaman induk harus jelas jenis, spesies dan varietasnya, serta bebas dari hama dan penyakit. Dan metode kultur jaringan ini juga memerlukan laboratorium kultur jaringan. Laboratorium ini dapat diadakan dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan laboratorium lain dengan melakukan efisisensi yang diperlukan. Bahkan kita dapat membuat laboratorium kultur jaringan di rumah dan melakukan kegiatan kultur jaringan disela-sela waktu. Dalam prosesnya kultur jaringan terbagi menjadi, sterilisasi alat, pembuatan media, sterilisasi eksplan, inokulasi dan aklimitasi.

Pada saat ini proses pembuatan media sudah dipermudah dengan adanya media praktis. Bererapa perusahaan bahan-bahan kimia sudah memproduksi bahan media kultur yang praktis, contohnya dari Fitokek Amerika mengeluarkan media MS beserta modifikasinya. Adanya media praktis ini dapat memudahkan kita dalam pembuatan media untuk metode kultur jaringan.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=921394228674641&id=112734049540667