2021-03-25

IP2TP Gurgur Dikunjungi Dirjen Hortikultura

BPTP SUMATERA UTARA
...

Kepala BPTP Sumut Dr Khadijah El Ramija, SPi, MP dan Kepala KP Gurgur, Jintamin Saragih, SP menerima kunjungan Dirjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto ke IP2TP Gurgur dalam rangka peninjauan progress kegiatan perbenihan Bawang Merah, Bawang Putih dan Kentang untuk mendukung proyek kawasan Food Estate di Humbang Hasundutan.

Seperti diketahui IP2TP Gurgur yang dikelola BPTP Sumatera Utara menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program Food Estate. Dalam mendukung program ini, BPTP Sumatera Utara mendapat mandat untuk memproduksi benih kentang, bawang merah dan bawang putih. Kegiatan ini dilaksanakan di IP2TP Gurgur yang berlokasi di Kabupaten Tobasa. Luas perbenihan yang dicanangkan guna mendukung Fooed Estate saat ini di IP2TP Gurgur seluas 10 Hektar yang terdiri dari kentang 4 ha, bawang putih dan bawang merah masing masing 3 ha.

Tempat pertama yang ditinjau adalah tempat penyimpanan bawang putih.   Bawang putih yang telah dipanen disimpan dengan cara digantung. Hal ini bertujuan agar terjadi proses pengeringan kembali dan bawang putih jadi lebih awet. Prose penyimpanan seperti ini dapat membuat bawang putih bertahan kurang lebih selama 2 bulan. Setelah mengunjungi tempat penyimpanan bawang putih, dilanjutkan peninjauan ke lokasi pertanaman bawang merah. Kondisi bawang merah saat ini terlihat baik dengan pertumbuhan yang seragam. Peninjauan terkahir dilakukan ke lokasi pertanaman kentang yang saat ini sedang dilakukan pemanenan.

Selain Direktorat Jenderal, kunjungan ini juga diikuti oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Bapak Ir. Tommy Nugraha, MM.

Sub Sektor : Bawang Putih
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=913221409491923&id=112734049540667