2021-03-18

Inovasi Teknologi Dorong Ketahanan Pangan

BPTP SUMATERA UTARA
...

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya menjadi hak asasi setiap rakyat Indonesia. Secara harfiah, ketahanan pangan merupakan suatu keadaan yang memungkinkan setiap individu memiliki akses yang cukup terhadap pangan yang bergizi, sehat dan aman sehingga dapat menjalankan aktivitas kehidupannya dengan optimal.

Kepala BPTP Sumut menjadi narasumber pada Forum Perangkat Daerah Perubahan Renstra Tahun 2019-2023 dan Forum Perangkat Daerah Renja Tahun 2022 Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. Materi yang disampaikan yaitu Implementasi Teknologi Pertanian dalam Pembangunan Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara.

Beliau menyampaikan bahwa Pertanian merupakan sektor penting di dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan menjadi salah satu tugas pemerintah yang tidak ringan. Pada pandemi covid 19 ini, sektor pertanian justru memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Beliau menjelaskan tentang Program Food Estate yang merupakan program jangka panjang pemerintahan Indonesia yang berguna untuk menjaga ketahanan pangan dalam negeri.

"Untuk mengantisipasi kondisi pangan saat ini, pemerintah mendorong penyiapan pangan nasional melalui program Food Estate. Food Estate sebagai program pengembangan produksi pangan secara terintegrasi dalam skala luas. Konsep inilah yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan pangan".
Selain mampu mengatasi permasalahan pangan, program  Food Esatate juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.  

Pengembangan food estate   selain dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan akan dilaksanakan juga di Kabupaten Pakpak Bharat, Tapanuli Utara serta, Tapanuli Tengah.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=909495389864525&id=112734049540667