2021-02-23

Rapat Koordinasi Pencapaian Target Luas Tambah Tanam Periode Oktober-Maret 2020/2021

BPTP SUMATERA UTARA
...

Padi merupakan salah satu komoditas strategis di Negeri kita tercinta, tidak heran jika pemerintah khususnya Kementerian Pertanian banyak meluncurkan program dalam mendukung peningkatan produksi padi dalam penyediaan pangan + 250 juta penduduk Indonesia dimana beras merupakan makanan pokok utama dalam kehidupan sehari hari. Salah satu program strategis yang gencar di laksanakan adalah dalam rangka meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT), dimana diharapkan terjadi peningkatan Indeks Pertanaman minimal 0.5.

Dalam rangka itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura seperti biasanya setiap minggu ketiga melakukan Rapat Koordinasi bersama dengan Penanggung Jawab Kegiatan Strategis Pusat untuk Provinsi Sumatera Utara (via zoom) dengan dihadiri Penanggung Jawab Kabupaten/Kota dan sebagian besar dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota (selebihnya via zoom). Rapat ini diawali dengan arahan dari Sekretaris Dinas TPH Ibu Nurhijjah mewakili Kepala Dinas yang berhalangan hadir dan selanjutnya Rapat dipandu oleh Kabid TPH Juwaini.

Salah satu yang menjadi point penting dalam pertemuan ini adalah Kinerja Pencapaian Target Luas Tambah Tanam (LTT) Periode Tanam Oktober-Maret 2020/2021. Capaian Target sampai dengan Minggu ke III Pebruari masih sebesar 297,302.5 ha dari Target berdasarkan sasaran tanam sebesar 396,162.3 ha (75%). Sangat diharapkan agar seluruh yang terlibat dalam kegiatan strategis ini memaksimalkan waktu yang ada bekerjasama dan berkoordinasi dengan petugas di lapangan dengan memperhatikan potensi yang ada.

Dalam arahannya Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati mewakili Kepala Badan Karantina menyampaikan agar potensi tanam yang ada dapat dimaksimalkan dalam sisa lebih kurang 5 minggu untuk periode Okt-Mar 2020/2021 sehingga target yang sudah ditetapkan dapat dicapai, demikian juga pelaporan setiap hari, selama ini Provinsi Sumatera Utara mengalami keterlambatan 1 hari. Dalam hal ini Bapak Kabid Tanaman Pangan agar Petugas SIMTP Kabupaten/Kota meminta agar pelaporan di percepat paling lama pada jam 16.00 WIB setiap harinya dan selanjutnya disampaikan ke Pusdatin pada jam 17.00 WIB.

BPTP Sumatera Utara selaku penanggung jawab 6 Kabupaten (Langkat, Deli Serdang, Simalungun, Madina, Paluta dan Palas) akan segera menindalanjuti hasil rapat dimana ada ada 5 kabupaten yang memiliki potensi tanam yang besar seperti Langkat dan Simalungun sebesar 17.000 ha, untuk segera turun ke lapangan dan melihat kondisi dan kendala yang ada, dan melakukan percepatan tanam.

Sub Sektor : Padi, Jagung, Kedelai
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/112734049540667/posts/895043304643067/