2021-01-20

Peneliti BPTP Sumut Ikuti Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Gap Produksi Padi

BPTP SUMATERA UTARA
...

Dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas padi secara nasional, Balai Penelitian Tanah (Balittanah) Bogor mengundang beberapa peneliti dari Puslitbangtan, BB Padi, BBSDLP, Balittanah, BPTP DIY, BPTP Jawa Tengah, dan juga BPTP Sumut dalam merangkum tentang apa dan bagaimana dalam Penanggulangan Gap Produktivitas Hasil Padi (sawah irigasi dan tadah hujan).

Turut hadir pada pertemuan yang dilaksanakan secara virtual yakni Prof. Hasil Sembiring dan Prof. Fahmuddin Agus yang juga berkesempatan sebagai presenter dalam menyampaikan informasi terkait strategi dalam meningkatkan senjang hasil (gap yield). Benih unggul bermutu adalah garda terdepan yang menjamin keberhasilan proses budidaya suatu tanaman, sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani dan juga pemerintah mendukung swasembada pangan.

Sejalan dengan beberapa presenter, peneliti BPTP Sumut yakni Bapak Deddy Romulo Siagian dan Ibu Setia Sari Girsang juga menyampaikan potensi actual di Provinsi Sumut yang produktivitasnya masih berada dibawah produktivitas nasional.

Senjang hasil tersebut masih berpotensi untuk ditingkatkan dibeberapa kabupaten/kota Provinsi Sumut, dengan memperhatikan beberapa aspek seperti aspek potensi budidaya, aspek tata ruang, aspek kelembagaan, aspek social ekonomi dan aspek sarana dan prasarana. Diharapkan dengan pendekatan secara menyuluruh (integrated approach) dari kelima aspek ini, senjang hasil dapat ditingkatkan dan produktivitas rata-rata padi dapat melebihi produktivitas nasional.

#panganuntuknegeri

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/112734049540667/posts/875091636638234/