2021-01-20

Rakortek Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura meningkatkan sinergi stakeholder pertanian

BPTP SUMATERA UTARA
...

Salah satu strategi untuk dapat mewujudkan tujuan adalah menciptakan tim yang solid. Terlebih jika tujuan tersebut berkaitan dengan kepentingan publik. Koordinasi dan kerjasama yang baik antar stakeholder yang baik akan menghasilkan sinergitas sehingga saling menunjang satu sama lain. Setidaknya itulah yang menjadi semangat awal tahun pada rapat koordinasi teknis lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, 19/2 yang bertempat di Hotel Sibayak, Brastagi.

Tema yang diusung dalam rapat ini adalah membangun desa menata kota, menuju Sumatera Utara yang Agraris dan bermartabat. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala dinas pertanian seluruh kabupaten kota dan stakeholder lainnya seperti upt pusat, termasuk BPTP Sumatera Utara, dan pihak BUMN penyedia pupuk dan benih di Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pertanian Sumatera Utara dalam sambutannya memberikan gambaran perkembangan kinerja dan permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian. Salah satu kinerja adalah pencapaian produksi beras yang menduduki peringkat 7 secara nasional. Peringkat ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan cara memfokuskan permasalahan yang menjadi tantangan selanjtnya. Beberapa permasalahan yang dihadapi adalah ketersediaan benih unggul bersertifikat, pemanfaatan ketersediaan air, saprodi dan alsintan, serangan organisme pengganggu tanaman, dan kualitas SDM yang relatif rendah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan pemaparan stakeholder benih dan pupuk guna membahas program yang akan dilaksanakan di tahun 2021.

#panganuntuknegeri

Sub Sektor : Padi, Jagung, Kedelai
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/112734049540667/posts/874976726649725/