2021-01-15

Soil Block, Inovasi Teknologi Dalam Persemaian TSS

BPTP SUMATERA UTARA
...

Horas #SobaTani

Pada umumnya penanaman bawang merah paling banyak mebggunakan benih asal umbi. Namun dalam dua tahun terakhir sedang digalakkan penggunaan benih asal biji botani atau sering disebut TSS ( True Seed Of Shallot). Penggunaan benih asal biji ini sangat penting mengingat beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya di butuhkan dalam volume sangat kecil 3-5 kg per ha, sehingga dapat menekan biaya produksi dan transportasi. Selain itu penggunaan biji dapat meminimalkan serangan penyakit bawaan benih. Penanaman dari biji, menawarkan fleksibilitas. Benih biji bisa langsung ditanamkan, dipindah tanamkan ataupun digunakan umbinya kembali untuk disimpan dan ditanamkan.

Namun demikian penggunaan benih asal biji memiliki kelemahan dimana harus di semaikan terlebih dahulu dan membutuhkan waktu lebih kurang 35 hari sebelum pindah tanah, hal ini membuat petani enggan menggunakan benih asal biji ini. Persemaian merupakan proses menumbuhkan biji menjadi benih yang nantinya siap untuk dipindahkan ke lahan, persemaian merupakan tahapan penting dalam sebuah budidaya tanaman mengingat dari persemaian yang baik akan diperoleh benih sehat, kuat dan bebas penyakit. Benih berkualitas ini merupakan kunci keberhasilan selanjutnya. Untuk ini perlu diperhatikan secara detail setiap persemaian mulai dari nutrisi tanaman, tempat persemaian, dan cara penyemaian. Dalam bidang pertanian teknologi akan terus berkembang dari masa ke masa. Dengan teknologi diperoleh kualitas bibit terbaik dengan produksi masal dan cepat.

Guna memenuhi kebutuhan bibit yang sehat, kuat dan bebas dari penyakit, BPTP Balitbangtan Sumatera Utara bekerja sama dengan kelompok tani "Karya Maju' melakukan inovasi baru dalam penyediaan semaian asal biji atau TSS yaitu penggunaan "soil block". Kelompok Tani Karya Maju yang diketuai Bapak Paino sudah memiliki alat untuk membuat soil block yang sekaligus sudah memiliki lubang tanam. Media yang digunakan adalah campuran tanah top soil, pupuk kandang dan cocofeat dengan perbandingan 1:1:1. Seriap blok atau lubang tanam akan diisi 2-3 biji bawang merah menggunakan "penseeder".

Kelompok tani Karya Maju yang berlokasi di Marelan sat INI sedang melakukan persemaian TSS dengan soilblock. Menurur Bapak Paino, bahwa banyak keuntungan menggunakan soilblock sebagai media semai antara lain hemat media tanam, hemat air untuk penyiraman, lebih cepat dan mudah pengerjaan persemaian dibandingkan bila menggunakan polybag, tidak membutuhkan ruang yang besar dan mudah pengangkutannya (sekali angkut dapat mencapai 500, dan yang terpenting benih tanaman tidak mengalami stres saat pindah tanam ke lapangan, pertumbuhannya lebih cepat, ramah lingkungan, dan tidak meninggalkan sampah plastik.

Kepala BPTP Balitbangtan Sumut Dr. Khadijah EL Ramija, S.Pi, MP bersama dengan Tim berkesempatan melakukan pertemuan sekaligus sharing dengan kelompok tani sangat mengharapkan teknologi ini berkembang dan diakhir pertemuan dilakukan penyerahan bibit TSS Varietas Trisula. Beliau berharap, inovasi teknologi dengan soil block dapat dicontoh oleh kelompok petani lain sehingga dapat meningkatkan proliga bawang merah.

Sub Sektor : Bawang merah
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan : SOIL BLOCK
https://web.facebook.com/112734049540667/posts/872147570265974/?_rdc=1&_rdr